Cara Membuat Nomor Halaman di Word secara Otomatis

cara membuat halaman

Microsoft Word memiliki fitur yang dapat memudahkan kamu menambahkan nomor halaman secara otomatis, baik pada dokumen sederhana maupun pada dokumen skripsi yang memiliki halaman yang berbeda-beda.

Melalui artikel ini, saya akan menunjukan kepada kamu cara menambahkan nomor halaman di Word secara otomatis.

Simak artikelnya di bawah ini.

Cara Membuat Halaman di Word secara Otomatis

Untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen Word kamu, klik tab Insert kemudian perhatikan panel Header and Footer dan klik tombol Page Number.

Sebuah menu drop-down yang menampilkan beberapa pilihan untuk menempatkan posisi nomor halaman pada dokumen word kamu, di atas atau di bawah.

Pada tutorial ini, saya klik kiri pada opsi Bottom of Page atau di bawah dokumen saya.

Jendela pengaturan baru akan terbuka, pada bagian ini kamu dapat memilih meletakkan halaman di sebelah kiri, tengah atau kanan. Kamu juga dapat memilih desain tampilan halaman sesuai keinginan kamu, baik tampilan sederhana maupun yang kompleks.

Saya pribadi selalu menggunakan tampilan simple pada penomoran dokumen Word saya. Kali ini saya memilih Plain Number dan posisi di sebelah kanan, cukup saya klik kiri satu kali.

Setelah menambahkan halaman, maka secara otomatis kamu akan membuka fitur Header and Footer pada dokumen Word kamu. Kamu juga dapat melakukan beberapa penyesuaian pada halaman seperti warna, jenis dan ukuran font yang digunakan.

Jika kamu sudah selesai dan ingin melanjutkan mengedit dokumen word kamu. Cukup klik Close Header and Footer pada panel di bagian kanan atas.

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word (Romawi dan Angka)

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu sudah berhasil menambahkan halaman di dokumen word kamu.

Namun, bila kamu ingin menambahkan halaman pada karya tulis seperti skripsi atau makalah yang memiliki sistem penomoran yang lebih kompleks dengan menggabung penomoran Romawi dan Angka.

Maka kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan dan membuat seksi berbeda pada dokumen skripsi di Microsoft Word kamu.

Sebagai contoh, pada karya tulis Skripsi dan Makalah halaman kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar umumnya menggunakan angka romawi. Sedangkan, pada bab-bab skripsi menggunakan angka numeral

Sehingga bila kamu ingin menggunakan membedakan halaman daftar isi dengan bab-bab pada skripsi, maka kamu harus membuat seksi berbeda agar dapat membuat halaman berbeda dengan menggunakan karakter romawi dan angka.

Untuk melakukan hal ini, letakkan pointer mouse kamu sebelum halaman Bab I, pada contoh ini saya letakkan di halaman daftar lampiran.

Klik tab Layout, selanjutnya klik tombol Breaks yang terletak di panel Page Setup.

Maka jendela opsi pengaturan baru akan terbuka, klik opsi Next Page. Seperti deskripsinya, hal ini digunakan untuk membuat seksi baru pada halaman selanjutnya.

Sekarang kamu sudah membuat seksi terpisah antara halaman daftar isi dengan halaman Bab I, kamu dapat melakukan pengaturan format penomoran halaman pada kedua seksi.

Mari kita ubah format penomoran pada halaman daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Masuk area footer dengan cara klik dua kali, lalu blok halaman daftar isi dan kemudian klik kanan, pilih Format Page Number.

Kamu akan mendapati jendela pengaturan Page Number Format terbuka. Pada area Number Format pilih format penomoran Romawi (i,ii,iii,..), setelah opsi lainnya dapat diabaikan dan klik OK.

Dan halaman daftar isi, daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran kini berubah menggunakan angka romawi.

Selanjutnya kita akan mengubah format penomoran pada Bab I, kita masuk pada bagian Header and Footer dengan cara klik dua kali pada bagian Footer.

Lalu, blok halaman kemudian arahkan kursor mouse kamu ke bagian panel Navigation di bagian atas dan klik tombol Link to Previous agar format halaman Bab I terpisah dari halaman daftar isi.

Jika sudah, kini klik kanan pada halaman di Bab I dan pilih Format Page Number.

Pada jendela pengaturan Page Number Format, bagian Number Format isikan dengan angka Numeral (1,2,3,…). Bagian Include Chapter Number diabaikan saja dan Terakhir pada Page Number centang pada Start at isikan angka 1, dan klik klik OK.

Kini kamu sudah berhasil membuat halaman berbeda menggunakan romawi dan angka.

Tutorial Microsoft Word Lainnya:

Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis
Cara Membuat Daftar Isi Manual dengan Tab
Cara Membuat Membuat Flowchart
Cara Membuat Daftar Tabel dan Gambar

Video Cara Membuat Halaman di Word

Bagi kamu yang lebih menyukai panduan tutorial dalam bentuk audio-visual, di bawah ini kami sertakan video cara membuat halaman di Microsoft Word.

Demikian tutorial cara membuat halaman di Word secara otomatis, semoga panduan yang kami berikan dapat menambah wawasan kamu dalam memaksimalkan fitur-fitur pada Microsoft Word.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like